Welcome To Tepus Somorejo Bagelen

Monday, July 7, 2014

Pedukuhan Tepus


Pedukuhan Tepus terletak di Desa Somorejo, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Pedukuhan Tepus terdiri dari 1 RW dan 4 RT. Jumlah kepala keluarga kurang lebih sebanyak 170 KK.
Kegiatan kelompok / perkumpulan warga dipedukuhan Tepus antara lain; kelompok panca marga, ibu-ibu PKK, pengajian jum'at (ibu-ibu), tahlil bergilir malam jum'at (kaum bapak), pengajian umum selapanan dimasjid Al-Huda, arisan pedukuhan.
Adapula kegiatan warga gotong royong kerja bakti perbaikan fasilitas umum seperti jalan, jembatan, sarana ibadah, sarana pendidikan dan fasilitas umum lainnya.

Komoditas yang ada dipedukuhan Tepus antara lain; Durian (Musiman), Manggis, Langsep, Kakao, Melinjo, Petai, Singkong, aneka rempah-rempah seperti; Cengkeh, Kapulogo, Temulawak, Cabe jawa, Puyang,  Lengkuas, Mahkota Dewa dsb. Komoditas lainnya yaitu; Gula jawa, Gula Semut serta komoditas kayu keras seperti; Jati mas, Sonokeling, Mahoni, Sengon jawa, Akasia dan Albesiah.

Mata pencaharian warga pedukuhan Tepus mayoritas adalah petani nderes yaitu membuat gula jawa/gula semut, diselingi beternak Kambing, ternak Sapi, ternak Ayam dan ada sebagian warga bekerja sebagai buruh gledek dan pengrajin meubel ada pula sebagai buruh pabrik.

Fasilitas sarana ibadah dan sarana pendidikan yang ada di pedukuhan Tepus antara lain : Masjid jami' Al huda di rt 4/5, Taman Pendidikan Al qur'an untuk anak-anak,dewasa dan orang tua yaitu Pesantren Tarbiatul Atfal di rt 4/5, Taman Pendidikan Anak di rt 3/5, Taman Pendidikan Anak di Mushola At Taufiq di rt 2/5,Taman Pendidikan di Mushola Al Muttaqin rt 1/5, Taman Pendidikan Dasar Umum di SDN Tepus di rt 1/5.

Salah satu produk tani pedukuhan Tepus yang menjadi unggulan adalah gula kelapa/gula semut kwalitas organik yang sudah merambah pasar luar negri dan merupakan penggerak utama roda perekonomian warga masyarakat di pedukuhan Tepus.

GULA SEMUT merupakan gula merah versi bubuk dan sering pula disebut orang sebagai gula kristal. Dinamakan gula semut karena bentuk gula ini mirip rumah semut yg bersarang di tanah. Bahan dasar untuk membuat gula semut adalah nira dari pohon kelapa. Karena pohon ini masuk jenis tumbuhan palmae maka dalam bahasa asing, secara umum gula semut juga disebut sebagai Palm Sugar atau Palm Zuiker.
gula semut produksi dusun Tepus
gula cetak produksi dusun Tepus
Salah satu masjid kebanggaan warga pedukuhan Tepus yaitu masjid jami ' Al huda, masjid ini merupakan masjid utama yang berada dipedukuhan Tepus dan menjadi prasasti peninggalan para simbah-simbah pendahulu warga pedukuhan Tepus.
Masjid Al huda dusun tepus
Sentra pengembangan budidaya albesiah bagian dari program dunia untuk mengurangi pemanasan global dikemas dengan tema " Tepus Hijau "
Kebon albasiah/sengon sabrang



5 comments:

  1. Bisa dijadikan daerah wisata karena ada unsur nilai-nilai edukasinya

    ReplyDelete
  2. Perlu dikembangkan agar lebih banyak dikenal orang dari daerah lain

    ReplyDelete
  3. Insyaallah, suatu saat nanti pedudukuhan Tepus bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta keindahan alam. Yang terpenting adalah menjaga agar keindahan alamnya tidak rusak dan tetap terjaga dengan baik. Ini sebuah tanggung jawab yang besar bagi warga masyarakat pedukuhan Tepus.

    ReplyDelete
  4. Kendala utama adalah kurangnya SDM dikarenakan tingkat urbanisasi yang tinggi sehingga sumber daya produktif terserap ke daerah lain/kota besar sehingga daerah sendiri kosong, sumber daya yang ada usia diatas 50 tahun dan usia sekolah 17 tahun kebawah. Bagaimana bisa berkembang jika hal semacam ini terus berlarut entah sampai kapan..bukan tidak mungkin Tepus bisa diambil alih (dikembangkan) oleh warga pendatang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hal ini mungkin bisa menjadi sebuah kenyataan, arah menuju ke inti permasalahan sudah mulai terjadi.

      Delete