Welcome To Tepus Somorejo Bagelen

Wednesday, January 7, 2015

" Tepus " zambrut Ditimur Somorejo


Tepus somorejo seolah menjadi negeri tempat matahari terbit. Perjalanan menuju ke sana bagaikan perjalanan mengejar mentari yang siap menampakkan diri. Kita berlomba-lomba dengan cakrawala yang selalu siap memunculkan sang surya. Berada di sisi timur desa Somorejo kecamatan Bagelen kabupaten Purworejo berbatasan dengan provinsi DIY dan bagian dari barisan Perbukitan Menoreh, dipagi hari akan kita temui halimun tipis menyelimuti puncak-puncaknya, dan ketika senja datang, remang keemasan akan menjadi perhiasannya.


Tepus somorejo menjadi istimewa berkat alamnya. Lihatlah bagian dari perbukitan Menoreh ini, meskipun pegunungan cadas namun jauh dari kata tandus, tutupan tanah yang subur membuat vegetasinya relatif rapat. Puncak-puncaknya yang menghijau bak permadani. Sementara laut selatan setia menjaga dengan ombaknya yang menakutkan.


Menjelajah Tepus somorejo bisa kita mulai sejak pagi buta. Mari mengawali hari di puncak gunung agung sisi selatan, puncak tertinggi diwalayah perbukitan sekitarnya. Meskipun menempuh perjalanan menantang karena harus melewati jalan sempit yang naik turun dan berkelok tajam, namun semua itu terbayar dengan keindahan pemandangan matahari yang malu-malu perlahan keluar dari balik gunung-gunung di sisi timur, seperti gadis ayu yang terlihat sangat cantik meskipun baru bangun tidur. Ketika langit semakin terang, kita bisa meneropong ke segala penjuru akan terlihat gunung-gunung tinggi seperti : Sindoro, Sumbing nampak jauh disebelah utara bersebelahan dengan gunung kukusan nampak lebih dekat,  gunung telu dari arah timur.


Menjelang siang, lanjutkan perjalanan menuju permukiman penduduk didusun Tepus, sebuah dusun yang sangat asri dengan hawa yang sejuk kita bisa membaur dengan masyarakat dusun Tepus yang sangat ramah dan santun, disitu kita bisa mempelajari tentang makna kehidupan dari pola hidup masyarakat dusun Tepus yang selalu berdampingan dengan alam tanpa harus merusak alam lingkunganya.

Jangan meninggalkan Tepus somorejo sebelum menikmati senja karena sepertinya inilah tempat matahari pulang ke rumah. Ada tiga tempat favorit dengan pemandangan senja luar biasa, sayang sekali kita tak bisa menikmati dalam waktu yang sama. Maka, pilihlah salah satu dari ketiganya.


Bukit wonokerso tempat terbaik untuk menikmati senja. sebuah drama perubahan warna langit dari biru terang menuju jingga keemasan. Tak hanya itu, kita juga bisa duduk bersantai diatas bebatuan besar yang sejak jaman dahulu diberi nama Watulumang.


Tempat kedua adalah bukit Sekepuh, sebuah bukit yang berada dibagian selatan dusun Tepus yang berbatasan dengan alas Tlogo,semongkrong mempunyai pemandangan senja tak kalah cantiknya. Duduk saja di tepinya, beralaskan batu-batu dan rerumputan kita akan disuguhi mahakarya Yang Kuasa dalam melukis semesta. Sapuan warna kuning keemasan bersemburat jingga mewarnai sekitar dan dipantulkan permukaan air laut dikejauhan. Angin yang semilir dingin, dan langit remang temaram sebelum malam datang menjadi penutup hari yang sempurna.

Selain kedua tempat tersebut, masih ada gunung agung. Sebuah Pegunungan yang menawarkan ketenangan sebagai obat penawar atas segala kebisingan, hiruk pikuk dan keramaian kota. Udara pegunungan dan hembusan angin perlahan menjadi mantra menuju ketentraman. Duduklah dengan tenang di atas rerumputan yang tumbuh laksana karpet yang terpasang. Di kejauhan akan terlihat laut terbentang luas berwarna kebiruan seperti tempat para bidadari mandi. Dari tempat ini kita akan merasakan betapa senja adalah peristiwa yang melankolis lagi romantis.


Menuju dusun Tepus somorejo memang bukan jarak yang pendek, maka itulah dusun ini sering disebut adoh ratu, cerak watu (jauh dari ratu, dekat dengan batu). Namun begitu tak perlu bingung untuk bisa menjangkaunya. Ada banyak jasa kendaraan bermotor (tukang ojek) dari Bagelen yang bisa kita pesan untuk membawa kita ke dusun Tepus.


4 comments:

  1. Saya sangat kagum dengan keindahan alam didusun Tepus, kebetulan saya masih punya kerabat disana

    ReplyDelete
  2. keindahan alam didusun Tepus tidak kalah menarik dengan tempat lain,disini bisa menikmati indahnya alam pemandangan gunung dan melihat laut dikejauhan serta keindahan matahari terbit dan keindahan sunset diwaktu senja

    ReplyDelete
  3. Perlu dijaga keindahan alamnya agar tetap lestari dan bisa dinikmati generasi yang akan datang

    ReplyDelete
  4. Destinasi wisata alam barisan bukit menoreh

    ReplyDelete