Welcome To Tepus Somorejo Bagelen

Tuesday, November 3, 2015

Kuliner Jadul "Oseng-Oseng Lompong"

Sobat bloger satu menu jadul yang kini mulai langka dijumpai


Oke guys, pernah dengar nama "oseng-oseng lompong". Inilah jenis makanan berupa sayur teman nasi yang dulu banyak dikonsumsi oleh masyarakat didusun Tepus Somorejo, yang terbuat dari batang talas. Di dusun Tepus somorejo, saat ini masih ada beberapa warga yang mengolah/memasak sayur ini. Tetapi kebanyakan warga, terhadap sayur teman nasi jaman dulu (Jadul) tersebut mungkin sudah melupakannya.

Sebetulnya hampir semua keluarga spesies colocasia esculenta/lompong (batang talas) rasanya selalu ada rasa gatal di tenggorokan. Jadi, untuk membuat olahan lompong, harus pandai-pandai memasaknya agar terhindar dari rasa gatal tersebut. Dan kalau cara memasaknya benar, banyak orang yang ketagihan dengan sayur batang talas yang juga bisa disebut "oseng-oseng lompong" ini.


Untuk membuat sayur batang talas atau sayur "oseng-oseng lompong" tidak sembarangan batang talas meskipun memang banyak macamnya yang bisa disayur. Sayur lompong cocok dimasak dengan aneka bumbu rempah.

Selain rasanya yang enak, ternyata olahan lompong ini memiliki banyak khasiat yang hebat bagi kesehatan tubuh kita. Diantaranya adalah tanaman lompong mengandung antioksidan (mencegah kerusakan gen), berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang ada dalam tubuh sehingga bisa mencegah datangnya kanker dalam tubuh.

Untuk mencicipi "oseng-oseng lompong" masih bisa dipesan apabila berkunjung ke dusun Tepus desa Somorejo tentunya harus singgah ke rumah warga dan bisa pesan minta dibuatkan masakan "oseng-oseng lompong" dan bisa juga sekalian belajar bagaimana cara mengolahnya yang benar dan enak rasanya.
Setelah mencicipi lezzatnya "oseng-oseng lompong" dijamin pasti kepingin mencoba lagi karena begitu gurihnya olahan ini dan juga kini mulai sulit/jarang ditemui keberadaan olahan "oseng-oseng lompong" ini.

Saturday, October 31, 2015

Jathilanku Kini

Ketika Jathilan Tak Lagi Mengerikan (Eksistensi dalam Jebakan Modernisasi)


Jathilan, nama kesenian ini mungkin hanya populer di kalangan masyarakat Jawa Tengah dan Yogyakarta pada umumnya dan di dusun Tepus desa Somorejo Bagelen  khususnya. Tapi jika menyebut nama "jaranan" atau "kuda lumping", maka ada banyak daerah termasuk di luar Jawa yang mengenalinya sebagai bentuk kesenian sekaligus tradisi yang dimainkan oleh sekelompok pria dan wanita yang menari di atas kuda tiruan dari anyaman bambu.

Ada banyak versi nama kuda lumping di berbagai daerah. Jika nama Jathilan lekat di Tepus Somorejo Bagelen Purworejo dan sekitarnya, maka di Banyumas dan Kebumen kesenian kuda lumping ini dikenal dengan nama Ebeg. Di Boyolali kesenian ini sering disebut Jelantur, sementara di Magelang nama Jaranan banyak digunakan. Di beberapa tempat di wilayah Yogyakarta ada beberapa kesenian lain yang mirip dengan Jathilan yakni Incling di Kulon Progo dan Ogleg di Bantul.

Jathilan sering dimainkan secara semi kolosal dengan melibatkan belasan hingga puluhan penari laki-laki dan wanita yang beberapa di antaranya memainkan karakter tertentu. Yang menarik dari Jathilan adalah bentuk tariannya yang meski dianggap monoton tapi justru terasa dinamis karena setiap gerakannya sangat kuat dan berkarakter. Meski memiliki beberapa perbedaan dalam hal kostum dan variasi gerakan tari, namun hampir semua bentuk kesenian kuda lumping termasuk Jathilan memiliki kesamaan mendasar dalam beberapa hal yakni bentuk tarian yang menggambarkan keperkasaan menyerupai prajurit perang, tarian yang terdiri dari beberapa babak dimainkan bergantian oleh kelompok penari pria dan wanita serta klimaks pertunjukkan yang ditandai dengan "trance" yang dalam istilah Jawa (di Tepus) disebut "ndadi" atau "kesurupan".

Jathilan Era Kini 
Dulu di era 90an kita kerap sekali menonton kesenian jathilan yang dipentaskan di sekitar tempat tinggal yaitu di dusun Tepus Somorejo. Kala itu setiap kali pentas, pertunjukkan ini dapat berlangsung 4-5 jam. Penarinya pun hanya beberapa orang pria yang rata-rata berumur di atas 30 tahun. Mereka menari dengan gerakan yang cenderung monoton, musik iringannya hanya berasal dari seperangkat alat musik tradisional yang tak terlalu variatif. Bunyian-bunyian yang mengiringi penari kuda lumping juga cenderung itu-itu saja dan diulang-ulang. Hanya di beberapa segmen tempo musiknya menjadi lebih cepat disesuaikan dengan gerakan sang penari. Saat para penari mulai kerasukan, musik yang dimainkan menjadi lebih cepat dan keras hingga memancarkan aura mistis yang sangat kuat.

Tapi itu dulu, kini Jathilan telah mengalami beberapa aktualisasi sebagai konsekuensi dari perkembangan globalisasi yang menyentuh banyak aspek kehidupan termasuk seni tradisi lokal. Semangat industrialisasi kesenian berpengaruh banyak pada perkembangan kesenian Jathilan hingga menjadi bentuk pertunjukkan yang lebih "modern" seperti saat ini.

Pertunjukkan Jathilan kini mengadopsi banyak unsur modern baik dalam hal peralatan musik, lagu-lagu pengiring, kostum yang lebih nyentrik, penari-penari berparas cantik, durasi waktu yang lebih pendek hingga bentuk kesurupan yang tak lagi menyeramkan.

Dahulu ketika para penari pria kesurupan, mereka seketika menjadi beringas dengan berlarian ke sana ke mari. Beberapa bahkan mengejar penonton untuk "menularkan" kesurupan. Setelah itu mereka akan kelelahan hingga akhirnya jatuh terdiam untuk beberapa saat sebelum akhirnya "bangun" dan beraksi dengan memakan aneka benda seperti pecahan kaca (beling), makan bara api (mowo dalam bahasa jawa) hingga memanjat pohon. Aksi kesurupan ini bisa berlangsung lama dan ada kesan menyeramkan.

Tapi kini prosesi kesurupan seperti itu tak lagi banyak dijumpai. Aksi makan pecahan kaca dan bara api sering digantikan hanya dengan makan kembang dan menari dalam keadaan tak sadar. Memang tak ada kewajiban untuk makan pecahan kaca atau mengejar penonton, tapi kini prosesi "ndadi" tersebut memang berlangsung lebih singkat.

Modernisasi yang Dikritik 
Aktualisasi Jathilan dengan memasukan beberapa sentuhan teknologi dan bentuk modernisasi mungkin memang diperlukan sebagai strategi agar kesenian tua ini tetap dikenal dan tidak terpinggirkan. Sisi baiknya adalah hal itu membuat Jathilan lebih "ramah" untuk ditonton termasuk bagi anak-anak. Namun sayang berbagai bentuk aktualisasi tersebut telah membawa Jathilan ke dalam bentuk yang oleh banyak orang dianggap tak lagi orisinil dan melenceng dari nilai tradisi yang sebenarnya. Jika durasi pementasan yang diringkas menjadi hanya 2-3 jam dan hadirnya sejumlah penari berparas cantik masih dapat dimaklumi, maka bentuk modernisasi yang lain terus mengundang kritik.

Hadirnya beragam alat musik modern seperti keyboard dan drum, serta sentuhan teknologi digital seperti CD player untuk mengiringi Jathilan telah menimbulkan pro dan kontra. Beberapa seniman Jathilan menganggap penggunaan keyboard dan drum sebagai hal yang wajar karena kesenian seperti Jathilan perlu untuk berkembang termasuk dalam hal musik pengiringnya. Perpaduan alat musik tradisional seperti kendhang, gong dan bendhe dengan alat musik digital dianggap mampu memenuhi selera konsumen yang menghendaki musik Jathilan lebih "ear catchy". Hal ini penting sebagai bagian dari industrialisasi dan komersialisasi Jathilan.

Namun sebagian pelaku seni Jathilan lainnya dan masyarakat penikmatnya yang setia merawat orisinalitas kesenian ini menganggap sentuhan teknologi seperti keyboard, drum atau CD player telah melenceng dari sekedar pendukung iringan musik menjadi sebuah properti yang harus dimainkan. Hal ini dianggap melunturkan nilai-nilai sakral dalam tabuhan Jathilan yang awalnya terdengar  monoton.

Keprihatinan lainnya adalah kecenderungan disorientasi dalam setiap pementasan Jathilan yang kini semakin "ngepop". Sudah bukan hal baru lagi jika lagu-lagu pengiring Jathilan kini sudah jamak menggunakan tembang-tembang campur sari. Bahkan kadang lagu-lagu dangdut dan pop juga dibawakan oleh sang sinden untuk mengiringi penari Jathilan. Bentuk modernisasi ini dianggap telah melampaui batas aktualisasi sebuah seni tradisi seperti Jathilan. Akhirnya berbagai bentuk aktualisasi pertunjukkan Jathilan tersebut membuat masyarakat gagal memahami nilai tradisi di dalamnya dan hanya menikmati pertunjukkan ini sebagai pagelaran tari biasa.

Mengembalikan "Ruh" Jathilan
Jathilan mungkin sedang memasuki fase baru sebagai bagian yang tak bisa mengelak dari sentuhan globalisasi.

Sebagai bentuk kesenian, Jathilan memang perlu untuk bersikap luwes terhadap perkembangan zaman. Namun ketika kesenian yang mengandung banyak nilai spiritual ini tiba-tiba harus larut dan tunduk pada globalisasi maka hal itu sebenarnya bukanlah hal yang membanggakan melainkan memprihantinkan. Atas nama komersialisasi untuk menjaga eksistensi, Jathilan justru mengalami beberapa pencemaran nilai. Aktualisasi yang pada awalnya diusung sebagai pengembangan seni tanpa disadari telah melahirkan bentuk kreativitas yang dianggap kebablasan.

Sebagai kesenian tradisional yang populer, Jathilan mungkin perlu melihat kembali dirinya dalam bentuk semula. Sudah semestinya ruh Jathilan dikembalikan agar kesenian ini tak berubah bentuk menjadi pertunjukkan tanpa makna tapi kembali menjadi sarana untuk merawat budaya dan kearifan lokal.Tak harus selalu tunduk pada modernisasi, Jathilan dan kesenian tradisional Indonesia lainnya juga perlu untuk melawan globalisasi. Jathilan perlu menata dirinya kembali menjadi kuda lumping yang "mengerikan" agar nilai-nilai luhur di dalamnya tetap lestari bersamaan dengan eksistensi pertunjukkannya.

Sumber : Harian Kompas

Tuesday, October 27, 2015

Penyelamatan Sumber Air

Pentingnya penyelamatan sumber mata air untuk kelestarian dan ketersediaan air sepanjang masa.


Pesatnya pembangunan  dan iklim global menyebabkan degradasinya lingkungan bagi kelangsungan hidup berbagai mahluk hidup atau memutus mata rantai  kehidupan karena habitatnya rusak, panas bumi cenderung meningkat. Demikian juga pasokan air tanah semakin berkurang mengakibatkan masyarakat kesulitan memperoleh air bersih.

Perlunya menumbuhkan kesadaran  masyarakat  dalam menata  dan memelihara kelestarian lingkungan harus di budayakan sejak dini. Pengelolaan kawasan konservasi  pada hakekatnya merupakan salah satu kegiatan  berwawasan lingkungan, sehingga berdampaknya terhadap upaya peningkatan kesejahteraan rakyat dan peningkatan kualitas hidup.

Kerusakan lingkungan yang meluas telah mengakibatkan kelangsungan daya dukung sumber daya air perlu mendapat perhatian serius. Kerusakan hutan secara signifikan menyebabkan terjadinya penurunan daya dukung daerah aliran sungai. Khususnya dalam menahan dan menyimpan air serta terjadinya proses percepatan laju kerusakan daerah tangkapan air.

Apabila wilayah kita memiliki sumber mata air, tetapi apa jadinya jika kita tidak melestarikan sumber mata air tersebut? Untuk itu kita perlu menjaga dan melestarikan sumber mata air yang kita miliki agar sumber air kita tetap      mengalir sehingga kita tidak perlu mengalami krisis air lagi. Bagaimana cara kita melestarikan sumber mata air yang kita miliki?

Harus ada kesadaran serta peran masyarakat dalam rehabilitasi hutan dan lahan (penyelamatan sumber mata air). Gerakan Penghijauan dengan penanaman pepohonan di sekitar sumber mata air merupakan salah satu  cara atau langkah menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menata dan memelihara kelestarian lingkungan dalam upaya meningkatkan daya dukung dan fungsi lahan  sehingga berfungsi optimal menjaga ketersedian air bersih untuk masyarakat dengan kearifan lokal, serta perlakuan pengamanan dan perlindungannya.

Sebagai bentuk kontribusinya untuk selalu menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber mata air, masyarakat bisa ikut serta dalam penanaman bibit pohon keras produktif, seperti Durian, Alpokat, Manggis, sukun, Petai dan lainnya.
Sementara untuk kegiatan penghijauan adalah jenis tanaman yang dapat menyerap air, di antaranya Bambu, Beringin, gayam dan berbagai macam pohon lainnya.