Welcome To Tepus Somorejo Bagelen

Friday, June 14, 2019

Pemuda Harus Berperan Dalam Memajukan Desa

foto dok . remaja garet 03
     Dalam proses pembangunan desa agar menjadi maju dan berkembang, Pemuda desa harus terlibat langsung dan berperan aktif juga harus bergerak cepat.
Para Jiwa-jiwa muda harus memiliki ide-ide yang inovatif,kreatif dan memiliki semangat yang tinggi serta idealisme yang kuat.
     Secara historis para pemuda sejak jaman dahulu sebelum Indonesia merdeka, telah banyak berkontribusi dalam memperjuangkan kemerdekaanya. Berkaca dari itu semua apakah pemuda zaman sekarang tetap ingin bersantai- santai ketika melihat desanya makin jauh tertinggal ? tentu jawabanya yang benar tidak ingin.
     Proses pembangunan terus berlanjut meskipun pelan tapi pasti, kontribusi pemuda harus tetap aktif sebagai penggerak dan perubah keadaan. Untuk mewujudkan proses pembangunan desa menjadi maju dan berkembang, setidaknya para pemuda harus melakukan 3 hal yaitu:

1). Pemuda sebagai Leader
Pemuda dituntut harus mampu menjadi yang terdepan dalam kelompok masyarakat desa, mampu sebagai pemimpin yang menentukan kearah mana pergerakan kemajuan desa dalam perkembanganya.

2). Pemuda sebagai Organizer
Pemuda dituntut harus mampu dalam menggerakkan masyarakat desa dengan sedemikian rupa agar terus maju. Pemuda sebagai yang terdepan dalam beraktifitas sosial, baik yang berkaitan dengan sosial kemanusiaan maupun sosial lingkungan.

3). Pemuda sebagai Mediamaker
Pemuda harus mampu membuat wadah (organisasi/karang taruna) yang bermanfaat bagi masyarakat desa. Pemuda harus dapat menanamkan nilai-nilai sikap gotong-royong, saling bahu-membahu dalam diri masyarakat desa.
     Dengan demikian, perlahan tapi pasti kemajuan pembangunan desa akan terwujud serta diiringi oleh berlangsungnya kemajuan bembangunan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Sing enom maju alon-alon
Kudu sadar pancene
Yen mbangun deso iku susah
Kudu sadar pancene
Kadang rumongso ora patio dibutuhno
Sing nom maju alon-alon
kadang kudu ngalah senajan ora salah
Pokoke ojo mundur
Tetep maju alon-alon
     Dari desaku, desamu dan desa kita semua kita bangun bangsa dan negara.

No comments:

Post a Comment