Pages

Sunday, March 2, 2014

Generasi Penderes Mengkhawatirkan

     Tepus somorejo - Pengrajin gula kelapa dipedukuhan Tepus somorejo mengkhawatirkan generasi penerus penderes nira untuk bahan dasar gula kelapa /gula semut.
     Salah satu dari pengrajin sebut saja mbah Di ,menuturkan dipedukuhan Tepus hanya ada kurang lebih 97 penderes nira itupun kebanyakan dari mereka " sudah tua - tua semua ".
Masih kata mbah Di , " kalau tidak ada yang meregenerasi siapa yang mau menderes pohon kelapa nanti ? ".
     Ia mengakui bahwa para generasi muda lebih suka merantau ke luar daerah begitu lulus dari sekolah menengah.ia juga berharap ada generasi muda yang mau melanjutkan perjuangan para penderes kelapa.
" Sebetulnya bekerja sebagai penderes kelapa sekarang ini hasilnya tidak kalah dibandingkan dengan hasil mereka bekerja diluar daerah ( hasil merantau ), " tutur mbah Di.

2 comments:

  1. Akibat arus urbanisasi yang tak terbendung bukan tidak mungkin pengrajin gula/penderes akan sirna dari bumi Tepus karena tergerus oleh zaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sirna kayaknya tidak mungkin sebab nderes sudah menjadi mata pencaharian utama bagi warga masyarakat yang bermukim didusun Tepus. Kalau jumlahnya berkurang mungkin bisa jadi karena generasinya penerusnya hanya sedikit yang mau melanjutkan nderes.

      Delete